5 Manfaat Minum Teh Kembang Telang Bagi Tubuh

Menikmati es Kembang Telang. Ternyata Banyak Khasiat.

blue pea tea
Es Kembang Telang di Heavenly Gourmet Penang

Pengalaman pertama saya minum es kembang telang (Clitoria ternatea) ketika saya dan Citra sedang berada di Penang Malaysia. Tanpa sengaja kami memilih sebuah tempat makan yang bernama Heavenly Gourmet. Ketika sedang membuka-buka menu, ada sebuah foto dengan minuman berwarna biru. Saya belum tahu itu apa, pokoknya saya pesan dulu. Karena kelihatannya segar sekali. Nah ketika sedang menunggu pesanan barulah saya sadar kalau itu terbuat dari kembang telang.

Ditunjukan pula bentuk tanaman (kalau tanamannya saya sudah sering lihat. Tapi kalau bisa diminum baru ngerti) proses pengeringan, bagian apa saja yg harus dibuang adan apa yang digunakan.

Sambil menyajikan berceritalah si Om yang melayani kami bahwa ini adalah hasil tamanan mereka sendiri dan memiliki beberapa khasiat. Menurut penuturannya manfaat kembang telang itu antara lain adalah:

  1. Kembang telang itu memiliki kandungan anti oksidan sama seperti teh hijau yang membatu tubuh untuk menurunkan resiko infeksi dan memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan jantung.
  2. Selama ini kembang telang hanya dikenal karena warnya yang indah, masih belum banyak orang yang tahu bahwa teh kembang telang dapat membantu mengurangi keriput dan penuaan dini pada kulit anda.
  3. Karena memiliki sifat analgesik maka seduhan kembang telang dapat meringankan rasa sakit kepala.
  4. Selain itu juga mampu mengatasi peradangan seperti jerawat ataupun peradangan pada bagian dalam tubuh.
  5. Kembang telang juga dikenal mampu merevitalisasi otak. Dengan kandungan yang dimilikinya akan membuat otak kita terasa lebih fresh dan berenergi.

Tapi diluar manfaat tersebut, buat saya yang memang hobi icip-icip minuman, minuman ini memang menyegarka. Apalagi setelah kami berpanas-panas menyusuri gang-gang di George Town Penang. Inilah yang saya suka dari sebuah perjalanan. Ada saja hal-hal dan pengetahuan baru yang kita alami dan dapatkan.

Sepulang dari Penang saya terpikir untuk membudidayakannya di rumah. Mengingat ternyata di marketplace Indonesia harganya lumayan tinggi hehehe.

Baca Juga: 5 Tempat Wajib Dikunjungi di Penang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *