Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Digital Marketing

Dalam beberapa obrolan dengan kawan, akhir-akhir ini saya cukup sering ditanya tentang digital marketing. Apa sih sebenarnya Digital Marketing itu?

Jadi begini, yang selama ini dimaksud dengan digital marketing itu merupakan sebuah aktifitas promosi dari sebuah merek atau produk yang menggunakan media elektronik (digital). Bertahun-tahun yang lalu media digital ini lebih mengarah pada media televisi atau radio. Nah pada era ini, masih ada keterbatasan dimana informasi lebih bersifat satu arah.

Untuk saat ini, digital marketing sudah jauh berkembang lagi. Media yang digunakan juga bertambah seperti:

  • Email
  • Social Media
  • Website
  • Aplikasi dan lain-lain

Mengapa sebaiknya kita mulai menafaatkan digital marketing?

Keunggulan digital marketing adalah efektifitasnya dapat kita ukur secara tepat dan realtime, biaya cenderung lebih murah .

Dengan tools yang tepat anda dapat mengetahui siapa saja sih yang melihat iklan anda, apakah sudah tepat sasaran dan sebagainya.  Sehingga berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dengan mudah kita ketahui dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.

Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.

Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik dari komputer anda.

Bagaimana Cara Memulainya?

Jika kita berbicara tentang Digital Marketing, pada dasarnya kita membicarakan hal yang luas. Oleh karena itu sebagai digital marketer kita perlu tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik. Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki

Beberapa aset dalam digital marketing:

  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Untuk mengoptimalkannya caranya bagaimana? Nah arena pembicaraan tentang optimasi itu sangat panjang, maka akan saya tuliskan dalan artikel berikutnya saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *