Lontong Kupang. Pertama kali mencoba

Ini adalah pertama kalinya saya mencoba lontong kupang. Makanan yang menurut infonya merupakan khas dari kawasan Surabaya-Sidoarjo Jawa Timur. Saya sendiri tidak mencobanya di sidoarjo, tapi di kawasan kenjeran surabaya sepulang touring ke pulau madura.

Lontong kupang merupakan sajian irisan lontong yang disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu bawang putih, cabe dan bumbu khas masakan di Surabaya yakni petis. Setelah disiram kuah, lontong kembali disiram kupang yang sudah direbus matang beserta kuahnya. Untuk menggugah selera makan Anda, di atas kupang ditaburi bawang goreng.

Dikawasan kenjeran sendiri berjejer warung-warung yang menyediakan lontong kupang ini. Pada awalnya saay ke kawasan ini tidak untuk kulineran tetapi lebih untuk blusukan mencari spot foto yang menarik.

Harga saya lupa hahaaha, maklum kalau sama istri gak pernah nanya harga. Apalah gunanya ibu bendahara hehehe. Yang jelas sangat terjangkau. Katanya sih pasangan dari menu ini yang cocok adalah kelapa muda. Selain segar juga bisa mengurangi kemungkinan alergi untuk mereka yang kurang cocok dengan sea food.


Rasanya enak, gurih, segar. Masih tersisa sedikit aroma amis seperti sea food pada umumnya. Secara keseluruhan okelah untuk jajanan.

Bahan utama dari sajian ini adalah kupang putih atau dengan nama latin Corbula faba H. Kupang merupakan hewan laut sejenis kerang kecil, ukurannya hanya sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang biasanya bisa ditemui di daerah-daerah pinggir pantai atau lumpur berair asin salah satunya di Madura.

Sebelum disajikan, kupang terlebih dahulu dikupas dan dimasak. Setelah masak, barulah kupang ditambahkan ke dalam lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis.

Oke bro-sist, kalau ada kesempatan atau sedang berkunjung ke Surabaya dan sekitarnya, menu ini wajib dicoba. Penting untuk menambah referensi rasa dilidah kita.

Cari Hotel di Surabaya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *