Mengenal IGTV. Layanan Baru Dari Instagram

Apa sih IGTV itu? Nah buat yang belum tau IGTV itu sebuah layanan baru dari Instagram yang memungkinkan kita menayangkan video kita hingga durasi 10 menit. Lebih panjang dari sebelumnya yang hanya 1 menitan. Untuk mengaksesnya kita dapat menggunakan aplikasi aplikasi tersendiri ataupun dari aplikasi Instagram yang selama ini sudah kita pakai.

IGTV merupakan adalah salah satu cara yang bisa digunakan untu mendukung program marketing yang kita buat. Baik kita sebagai influencers, publik figur, pemilik brands, ataupun toko online untuk membuat video dan membaginya ke follower kita. IGTV sendiri dibuat dengan format yang sama dengan Instagram Story, bedanya hanya ada pada durasi video. Jadi video IGTV akan memiliki format vertical.

Terus apasih perbedaan antara IGTV dan Instagram? di IGTV, tidak ada yang namanya feed, gambar, dan stories. Jika kita memakai fitur video yang ada di Instagram, kita hanya bisa mengupload video atau Instagram stories sepanjang 1 menit. Sementara jika di IGTV kita bisa mengupload video 10 menit dan account yang lebih besar bisa mengupload video sampai 1 jam.

Perlu diketahui sekarang ini IGTV  tidak ada iklannya, walaupun demikian pihak Instagram pernah mengatakan bahwa iklan mungkin akan mulai muncul nantinya. Dalam pernyataannya dikatakan karena creators menghabiskan banyak waktu membuat konten IGTV, maka Instagram kedepan akan menawarkan pada para creator ini cara untuk menghasilkan uang dari konten mereka nantinya. Untuk saat ini, Instagram belum akan membayar creators atas konten-konten mereka.

Bagaimana Cara Menggunakan IGTV

Okay untuk sekarang kita membahas bagaimana cara menggunakan IGTV. Seperti tertulis diatas di atas, kita bisa langsung menggunkan langsung di aplikasi Instagram kita selama ini atau mendownload IGTV dari App Store atau Play Store yang ada di smartphone kita.

Setelah itu, ketika kita membuka aplikasi IGTV kita, maka akan ada tampilan seperti dibawah ini.

apa itu igtv

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, IGTV itu terhubung dengan Instagram kita, maka kita bisa langsung klik “Continue as ….”. Kita juga bisa memilih akaun mana yang akan digunakan melalui  “Switch Account” di bagian kiri bawah. Kalau kita mau login dengan akun lain; tinggal masukkan detail login akun tersebut.

Nah setelah kita Setelah login, kita akan langsung melihat videonya. Video yang muncul adalah video yang diputar di backgroun dan memang akan langsung menyala. Disini suaranya secara default dalam posisi. Sedangkan untuk mencari video, kita tinggal geser ke samping di bagian bawah.

Di IGTV sendiri ada 4 piliha direktori yang bisa kita gunakan yaitu: For You, Following, Popular, dan Continue Watching.

For You. Pada bagian ini, IGTV akan memberikan pilihan video-video yang IGTV rasa kita akan suka.

Following. Di bagian following, kita bisa melihat video dari IGTV milik account-account yang kit follow.

Popular.   Untuk bagian ini, kita akan melihat video-video yang sedang popular di IGTV. Popular bisa dibilang sama dengan fitur Explore di Instagram.

Continue Watching. Bagian ini adalah tempat dimana kita bisa melanjutkan menonton video-video yang sudah kita buka sebelumya tapi belum sempat selesai menontonnya.

Cara Memulai Channel IGTV

Kalau kita mau memulai channel IGTV kita sendiri, Anda bisa mulai dengan memilih menu settings yang ada di bagian kanan, di atas pilihan video.

Setelah itu, pilih pilihan Create Channel di bagian atas. Kemudian pilih Next sampai akun kita dibuat. Untuk mulai mengupload video, kita hanya perlu klik pada profile picture kita yang ada di samping tombol Settings.

Untuk mengupload video kita tinggal klik pada tombol + di bagian kanan dan kita sudah bisa mengupload videonya. Untuk kebanyakan account, video hanya bisa berdurasi 10 menit. Yang perlu diperhatikan bahwa kita tidak bisa merekam video langsung di aplikasinya. Jadi, kita perlu membuat video terlebih dahulu baru kemudian kita upload video tersebut ke IGTV dari Camera Roll atau Gallery handphone kita.

Kesimpulannya

Dari artikel kali ini, setidanya kita sudah mulai mengetahui  tentang layanan terbaru Instagram yaitu IGTV. Fitur terbaru dari Instagram ini tentunya bisa sangat membantu tidak hanya bagi para influencers tetapi juga para pebisnis untuk berbagi konten dengan audience-nya. Dengan semakin populernya video marketing, kita bisa memanfaatkan IGTV menjadi salah satu tools marketing kita untuk menambah jangkauan audience agar menjadi lebih luas. Nah gimana? Menarik, bukan? Ayo dimulai.

Baca Juga: Apa Itu Backlink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *