Patung Budha Tidur Mojokerto

Saya mengunjungi patung Budha tidur Mojokerto ini ketika dalam perjalanan touring menuju Madura. Walaupun bukan tujuan utama saya dalam perjalalan kali ini, akan tetapi tetap merupakan tempat yang harus dikunjungi.

Patung Budha Tidur atau yang lebih dikenal dengan istilah sleeping Budha menjadi salah satu obyek wisata di Mojokerto yang banyak dikunjungi anak-anak sekolah maupun kalangan umum.Patung Budha Tidur berwarna keemasan yang memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter.Patung yang dibuat pada tahun 1993 ini adalah yang terbesar ketiga didunia setelah Thailand dan Nepal.Indonesia gak kalah indahnya kan dari negara lain. Patung ini menggambarkan wafatnya sang Budha, Siddharta Gautama dalam kondisi tertidur.

Cukup lama saya berhenti disini. Ya lumayanlah sekaligus bisa melepas penat dan mendinginkan mesin motor setelah sekian jam perjalanan dari Sragen Jawa Tengah.

LOKASI
Patung ini dibangun didalam kompleks Maha Vihara Mojopahit didesa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.Untuk menuju lokasi Patung Buddha Tidur Mojokerto sangatlah mudah karena berada dijalan lintas Surabaya-Mojokerto-Jombang.

Dari yang saya perhatikan, sepertinya desa sekitar viraha ini sudah dibuat menjadi desa wisata. Tampak dari rumah penduduk dan pagar yang telah dibuat sedemikan rupa dengan menggunakan simbol-simbol kerajaan Majapahit yang membuat tempat ini menjadi unik.

Nah jika bro-sist sekalian kebetulan sedang melintas di jalur ini. Bolehkan untuk berkunjung. Tapi tetap diingat ya, walaupun memang dibuka untuk umum pada dasarnya ini adalah tempat ibadah jadi tetap tidak bisa bertindak sebebas jika ditempat wisata umum.

Temukan Hotel di Mojokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *