Sragen-Jakarta-Sragen mengendarai Yamaha Scorpio 2014. Ternyata asik!! (Bag 1)

Etape I Sragen – Cirebon

Resiko tinggal terpisah dengan istri adalah harus meluangkan waktu untuk saling mengunjungi. Biasanya saya yang lebih banyak melakukan perjalanan untuk berkunjung. Nah karena berulang kali selalu naik kereta tiba-tiba saja terlintas untuk iseng mengendarai sepeda motor. Motor yang saya miliki bukanlah motor khusus untuk perjalanan jarak jauh. Hanya sebuah motor Yamaha Scorpio keluaran tahun 2014 yang telah menempuh jarak 60.000 kilometer dengan besaran kubikasi 225 cc. Cukup besarlah untuk ukuran motor harian, tetapi masih kurang besar untuk menjadi motor penjelajah jarak jauh.

Rencana perjalanan dibagi menjadi 2 etape. Etape pertama Sragen-Cirebon dan etape berikutnya adalah Cirebon-Jakarta. Tujuan dari membagi perjalanan ini menjadi 2 etape sebetulnya adalah, karena saya dan istri belum pernah ke Cirebon. Jadi saya mengendarai motor ke cirebon dan istri naik kereta dari jakarta ke cirebon. Setelah itu barulah kami bersama-sama naik motor ke jakarta.

Perjalanan dari Sragen saya mulai jam 03:30 pagi. Alasannya adalah jalan masih sepi dan bisa melewati kota Semarang sebelum jam sibuk. Tapi pemikiran jalan masih sepi salah! jam segitu jalanan dipenuhi truk dan bis-bis malam. Dengan kecepatan rata-rata 70-80km/jam ternyata hanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk sampai di cirebon. Alhasil saya harus menunggu lama di Stasiun.

Perjalanannya sendiri tidak ada masalah. Sangat lancar. Hanya saja saya kurang suka dengan jalan pantura di Jawa tengah yang didominasi cor beton. Hal yang paling saya rasakan adalah guncangan yang diakibatkan oleh celah-celah antar cor beton. Bahkan dengan ukuran roda Yamaha scorpio yang 18 inch guncangan masih sangat terasa. Entah jika menggunakan motor matik yang ring rodanya jauh lebih kecil, pasti sungguh melelahkan.

Sedangkan dari sisi motor juga tidak ada kendala sama sekali. Sehat waras tanpa gangguan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *